welcome to_ Na_FUkada official blog-Mohon Maaf - Karena nambah banyak kesibukan, jadi jarang banget up-date Blog--Terimakasih

Jumat, Juli 22

* Jenis-jenis kucing dari Seluruh DUnia. Episode 1_Kucing Ras


Jenis-Jenis KUcing dari seluruh dunia

episode 1. Kucing Ras

Ras .

Jumlah jenis kucing ras di seluruh dunia amat banyak. Setiap ras memiliki ciri khusus, tapi karena sering terjadinya kawin silang antar ras, banyak kucing yang hanya dikelompokkan dalam jenis bulu panjang dan bulu pendek, tergantung jenis rambut penutup tubuhnya.

Ada banyak macam ras kucing, beberapa diantaranya :

Manx


Sebagian orang menyebutnya Rumpy. Ekornya pendek, Warna bulunya cokelat dan lavender. Sifatnya setia, ramah dan pintar. Kucing ini berasal dari sla of man. Pulau kecil ini di daerah England. Manx  termasuk ras tertua yg pernah terdaftar, yang rasnya terbentuk secara alami.

Seiring dengan berjalannya waktu Manx mengalami Mutasi genetik. Sebagai kucing yang mengalami mutasi genetik, dimana mutasi ini berhubungan dengan perkembangan back bone. Syndrom Manx digunakan untuk menunjukkan gangguan atau kelainan genetik back bone pada manusia atau hewan.
Manx memiliki 2 gen ekor pendek biasanya keguguran atau mati karena sindrom itu. Oleh karena itu, guys, s’orang breeder or org yg ngawinin binatang harus hati2 klo mw ngawinin 2 ekor tailness Manx.
Ciri & karakter
  • Suka bermain. Bahkan kamu nggak bisa ngira gimana tingginya klo dia lompat, cozdia punya pinggul dan back feet yang strong.
  • Nggak bisa lepas dari sebuah keluarga klo ia sudah lengket
  • Punya tiga jenis ekor: dimply rumpy/rumpy(nggak punya ekor sama sekali), rumpy riser/riser(ekor sedikit di pangkal), stumpy(lebih panjang dari riser tapi lebih pendek dari longly), longly(normal)
  • Badan pendek, tulang punggung melengkung sampai pinggul, dada lebar, letak pinggul lebih tinggi dari bahu, krn kaki depan lebih tinggi dari kaki belakang.
  • Kepala bundar, pipi menonjol, warna hidung senada dengan warna bulu, leher pendek dan tebal, mata besar dan bulat dengan warna tdk senada dgn warna bulu.
  • Telinga sedang, bagian bawah melebar dgn ujung melengkung, letak keduanya berjauhan.
  • Bulu terdiri 2 lapis, tebal & tipis.
  • Warna yg diakui: Colorpoint, bicolor, solid, dan tabby.



Maine Coon



Asalnya dari Maine, AS, keturunan Angora dan American Shorthair. Kucing ini merupakan salah satu kucing dengan ras tertua di Amerika Utara. dan mulai populer di dunia mulai dari abad ke-19. pada abad ke-20 kepopulerannya menurut sejak di perkenalkanya kucing persia.  Sifatnya lucu, pemalu tapi mau, dan mudah akrab. Bulunya tipis, lembut, dan warnanya beragam. Kucing ini memiliki kepandaian dalam berburu. 

Maine Coons salah satu ras kucing domestik terbesar. tinggi kucing ini pada saat dewasa dapat bervariasi antara 10 dan 16 dalam (25 dan 41 cm) dan mereka dapat mencapai panjang hingga 40 di (100 cm), termasuk ekor, yang dapat mencapai panjang hingga 14 di (36 cm) [dan panjang, lonjong, dan sangat berbulu, hampir menyerupai ekor rakun yang . Tubuh padat dan berotot, yang diperlukan untuk mendukung berat badan mereka sendiri, dan dada yang luas. Maine Coons memiliki bentuk tubuh persegi panjang dan lambat secara fisik dewasa;.untuk mencapai ukuran ukuran penuh mereka biasanya tercapai sampai tiga hingga lima tahun, sementara kucing lainnya memakan waktu sekitar satu tahun.
Pada tahun 2010, Guinness World Records mencatat ras Maine Coon jantan bernama "Stewie" sebagai "kucing Terpanjang" mengukur 48,5 di (123 cm) dari ujung nya hidung ke ujung-nya ekor .

British Shorthair

Dikembangkan di Inggris. Kucing ini kalem, lembut, hangat, dan pintar. Warna bulunya ada yang polos (putih,hitam,biru,merah dan krem), dwiwarna, hitam pekat, belang.
Jaman dahulu keturunan kucing dibawa ke Inggris oleh bangsa Romawi dan kemudian kawin dengan kucing liar asli. Selain itu mereka juga kemudian persilangan dengan kucing persia untuk meningkatkan ketebalan mantel bulu mereka. 

Shorthair Inggris adalah kucing sangat kuat, dengan bentuk tubuh "persegi". Kaki pada Shorthair Inggris cukup tebal untuk menahan tubuh mereka yang berotot. Karena besar dan berotot, jenis kucing ini sering disebut sebagai anjing bulldog dunia kucing atau "kucing buldog".
British Shorthair adalah salah satu ras kucing tertua yang pernah dikenal manusia. Dipercayai bahwa nenek moyang ras ini berhubungan dengan bangsa romawi yang pernah dahulu menguasai Inggris.
Setelah Romawi menyerang dan menguasai Inggris, pertanian Inggris mulai dikembangkan. Seiring dengan perkembangan pertanian tersebut, muncul kebutuhan untuk melindungi hasil pertanian dari serangan tikus. Para tentara Romawi membawa kucing untuk menjaga hasil-hasil pertanian. Kucing-kucing tersebut disebut kucing pekerja, karena harus bekerja untuk mendapatkan makanan. Kucing tersebut tidak dipelihara sebagai binatang kesayangan.
Kucing-kucing ini hidup secara bebas di gudang dan pertanian dengan sedikit sekali pengaruh dari manusia. Populasi kucing tersebut mulai berkembang dengan subur. Ketika bangsa romawi pergi, Inggris terisolasi dari bagian dunia lain. Selama beberapa ratus tahun tidak ada lagi impor kucing baru. Kucing-kucing yang telah ada di Inggris berkembang biak dengan bebas, menghasilkan kucing dengan badan yang kokoh dan tebal disertai bulu yang indah.
Akhir tahun 1800-an para penggemar kucing di Inggris mulai memperhatikan kucing tersebut dan mulai menyadari keindahannya. Pada kontes kucing pertama di Crystal Palace, London tahun 1871, kucing-kucing ini mendapat banyak penghargaan.  Tahun 1889 British shorthair mendapatkan status sebagai ras kucing tersendiri. Tahun 1907, penggemar kucing Inggris  membentuk  British Cat Club. Kemudian popularitas british shorthair menurun terkalahkan oleh ras persia dan siam.
Selama perang dunia ke dua, populasi british shorthair berkurang dengan drastis. Untuk menyelamatkan ras tersebut, british shorthair banyak dikawinkan dengan kucing persia. Akibatnya mulai muncul warna-warna lain selain warna “blue”  yang merupakan warna asalnya.
CFA mengakui British Shorthair pada tahun 1980. TICA  merevisi standar ras ini pada tahun 1993. Belakangan ras ini mulai menjadi opuler kembali.
British shorthair banyak menjadi ikon. Kucing ini menjadi model  bagi Cheshire cat yang terdapat pada film animasi Alices Adventures in Wonderland. British shorthair dengan pola warna Silver tabbyt menjadi ikon produk makanan kucing Whiskas.


Karakteristik
Secara umum ukuran badannya medium sampai besar dengan berat berkisar 4 - 8 kg. Badannya kompak, padat, cobby, kuat dan berotot dengan dada, bahu serta pinggul yang lebar. Kepalanya bulat dan lebar dengan pipi penuh, terletak pada leher yang pendek dan tebal. Hidung pendek, lebar dan lurus tanpa lekukan, bentuk dagunya bulat. Ukuran telinga sedang dan lebar pada bagian bawah dengan ujung melengkung. Jarak antara kedua telinga sedang. Mata besar dan bulat, warnanya berhubungan dengan warna bulu yaitu copper, gold, blue, green atau odd eyes. Kakinya pendek dengan tulang yang kuat serta berotot dan jari-jarinya bulat. Panjang ekor lebih kurang 2/3 panjang tubuh, tebal pada bagian pangkal dan menipis pada ujungnya. Bulunya pendek, padat dan tebal. Semua warna dibolehkan , tetapi warna blue lebih dikenal. TICA mengizinkan untuk disilangkan dengan Scotish Fold atau Manx. Ras ini lebih disukai karena sifatnya yang tenang dan setia.
Berbagai jenis warna dan bentuk British ShortHair

Male cream kittens and a female blue tortoiseshell and white kitten
Traditional blue shown in the newer bicolour pattern. This cat is being judged at a cat show.


A fawn and white bicolour British Shorthair. Fawn and cinnamon are the newest of British Shorthair colours.


A dilute tortoiseshell and white

  • Burmese (Burma)


Dalam bahasa Thailand  ศุภ ลักษณ์ subh-bha-lak berarti beruntung, indah, dan indah penampilan. Ada 2 kelompok kucing ini, yaitu Burma Amerika dan Burma Inggris. Kucing burma yang paling modern, di sebut dengan "wong mau" yang dibawa dari Burma ke Amerika pada tahun 1930.
Burma inggris cenderung berbentuk oriental, sedang burma Amerika memiliki hidung yang pendek dan bentuk kepala yang bulat.
Kucing ini dibiakkan oleh Dr. Thompson (AS) dari kucing "ratu wong mau" (Burma) dan siam. Warna cokelat musang, warna lainnya biru, champagne, lifa, merah, cokelat, dan biru kura-kura. sifatnya periang dan lucu.


berbagai macam hasil persilangan Burmasse Cat ;
1 year old Brown Burmese male (probably British type)
Blue Australian Burmese kitten
Chocolate burmese (3 months)
Chocolate British Burmese
Australian Burmese 2 years old
 Australian Burmese 5 years old (Pedigree sable)
 Ricky-chocolate Burmese (Australian) 5 years old
 Creme Burmese (probably British type)
 British Burmese
 Blue American Burmese male
 Pedigree Sable American Burmese male (1 year)
 Platinum American Burmese female kitten
Champagne American Burmese


  • Chinchilla longhair

Inilah kucing persia paling anggun. Nenek moyangnya dari Inggris. Ras ini dibagi dalam dua macam, yaitu chinchilla warna cerah (sejati) dan yang agak gelap (perak gradasi).
Kucing Chinchilla Longhair atau sering disebut kucing Chinchilla Persian, di Asia Tenggara dikenal juga dengan sebutan kucing Janjira, juga sering disebut "silver cat". Kucing ini merupakan kucing keturunan Persia yang awalnya dikembangkan di Inggris dan akhirnya sebagian breeder menjadikannya sebuah ras baru, sebagian breeder lainnya memasukkannya sebagai grup ras kucing Persia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...