welcome to_ Na_FUkada official blog-Mohon Maaf - Karena nambah banyak kesibukan, jadi jarang banget up-date Blog--Terimakasih

Kamis, Agustus 11

* Bahaya radiasi telephone

Bahaya menggunakan telephone secara berlebihan kayaknya udah kita denger lebih lama, dan faktanya sampe sekarang hal ini masih terus di perdebatkan. Ok, lalu untuk membuktikan apakah betul penggunaan cell phone secara berlebihan sangat berbahaya bagi tubuh, mari kita buat penelusurannya :)

Bahaya-bahaya penggunaan ponsel:

· Memanaskan Otak dan Kulit

Inggris. Ponsel dapat membuat panas otak sehingga mengganggu fungsinya. Sebuah kajian yang telah diterbitkan di Inggris tahun lalu, mengungkapkan tingkat paparan (exposure) gelombang dari ponsel yang ditempelkan di dekat telinga atau bagian badan tertentu lebih besar daripada tingkat paparan dari stasiun ponsel terhadap seluruh badan.

Swedia. Sebuah studi menunjukkan peningkatan rasa/sensasi panas sebesar 48 kali terhadap telinga, muka dan kepala dari pengguna ponsel. Di Swedia juga dilaporkan pada tahun 2006 bahwa kita memiliki risiko 240 persen lebih besar terkena kanker otak berbahaya, tepatnya di bagian kepala yang berdekatan dengan telinga yang sering digunakan untuk bertelepon.

Rusia Ponsel dapat meningkatan suhu permukaan kulit sampai 4,7 oC yang dapat mengarah ke timbulnya kangker kulit. Di Inggris, ditemukan seorang pengguna ponsel yang meninggal karena tumbuhnya sel-sel kanker pada permukaan kulit yang sering bersentuhan dengan ponsel.

Beberapa peneliti memperingatkan bahwa dampak panas ponsel ini dapat menyebabkan paras pengguna bergaris-garis dan cekung yang menjadi awal terjadinya penuaan dini. Diduga panas menyebabkan sel-sel badan menurun kerjanya karena proses-proses dalam sel tak dapat berjalan secara efisien.


· Risiko Terkena Kanker

Swedia. Penggunaan ponsel meningkatkan risiko terkena tumor otak sebesar 2,5 kali. Anak-anak yang tulang tengkoraknya lebih tipis dan otaknya lebih kecil menghadapi risiko lebih besar.

Australia Tikus percobaan yang terkena radiasi ponsel selama 18 bulan, menghadapi tingkat risiko dua kali lipat terkena kanker.

USA Pengguna bersat ponsel mengalami penurunan hormone melatonin yang amat penting untuk mencegah berkembangnya sel-sel kangker.

Austria Perokok pengguna ponsel punya risiko lebih besar terkena kangker disbanding pengguna ponsel non perokok.

Pengguna ponsel berat (beberapa jam / hari) ditemukan terkena kangker getah bening non-Hodgkin pada leher di area yang sering mengalami kontak ponsel. Beberapa menit paparan radiasi ponsel dapat mengubah 5% sel kangker aktif menjadi 95% sel kangker aktif, selama periode paparan dan beberapa saat setelah itu. Risiko terkena tumor yang amat langka, neuro-epithelia, yang berkembang di luar otak, meningkat dua kali lipat pada penggunaan ponsel di bandingkan non-pengguna. Pada tahun 1998, tercatat tak kurang 8 tuntutan hokum berkenaan dengan timbulnya tumor otak akibat penggunaan ponsel.

· Kerusakan Sistem Pertahanan Tubuh dan DNA

Beberapa studi menunjukkan bahwa radiasi ponsel telah menyebabkan kerusakan DNA dalam sel tubuh. Menurut penelitian di Inggris, radiasi dari frekuensi radio yang lemah serupa dengan dipancarkan ponsel – dapat melemahkan system pertahanan tubuh yang bertugas melawan infeksi dan penyakit.

· Bayi Cacat

USA Radiasi ponsel juga dikaitkan dengan bahaya terhadap ibu hamil dan janin yang dikandungnnya. Sebuah studi menunjukkan bahwa radiasi ponsel menyebabkan cacat pada emberio ayam.

· Peningkatan Tekanan Darah

Jerman pada sebuah studi yang dilaporkan dalam media Lancet pada 1998, tekanan darah pada subyek yang diteliti meningkat 5-10Hg-peningkatan yang lebih dari cukup untuk memicu stroke atau serangan jantung pada orang-orang yang berisiko tinggi.
Ini kali pertama sebuah bukti yang sangat meyakinkan bahwa radiasi ponsel dapat mengubah fungsi sel dalam badan manusia.

· Penyakit Alzheimer’s, Multiple Sclerosis & Parkinson’s

Swedia. Hanya dalam tempo dua menit terpapar pancaran gelombang ponsel, dapat melemahkan batas pengaman dalam darah, sehingga protein dan racun/toksin bocor dan kemudian masuk ke dalam otak. Inilah yang membuka jalan bagi berkembangnya berbagai penyakit seperti Penyakit Alzheimer’s, Multiple Sclerosis & Parkinson’s.

Studi lain menunjukkan pengguna ponsel 30 menit/ hari terkena risiko pikun (memory loss) dua kali lipat disbanding pengguna ponsel kurang dari dua menit/hari.

USA Riset terhadap tikus menunjukkan paparan gelombang ponsel selama 45 menit menyebabkan terhambatnya kemampuan belajar dan ingatan jangka pendek mereka.
Inggris Riset yang disponsori pemerintah menunjukkan keterkaitan antara radiasi ponsel dengan kehilangan ingatan jangka pendek dan pikun sesaat.

· Jantung dan Batu Ginjal

Eropa. Riset baru-baru ini menunjukkan radiasi ponsel dapat menyebabkan kebocoran hemoglobin – pembawa oksigen ke seluruh tubuh – dari sel darah merah, hal ini berakibat pada timbulnya sakit jantung dan batu ginjal.

· Penurunan Gairah Sex, Rasa Terbakar dan Kelelahan

Ukraina. Riset pada binatang menunjukkan pengguna ponsel dapat menurunkan gairah sex secara drastic. Tikus yang terpapar radiasi ponsel menghasilkan jauh lebih sedikit hormone testoteron dalam darah dibandingkan tikus yang tak terpapar. Semakin tinggi tingkat radiasi semakin sedikit testosterone yang dihasilkan, sehingga menurunkan gairah seksual.

Skandinavia Riset yang disponsori oleh industry ponsel, pemerintah Norwegia dan Swedia menegaskan adanya korelasi antara lama frekuensi/ seringnya penggunaan ponsel dengan munculnya gejala-gejala kelelahan/ fatique rasa terbakar, dan sakit kepala. Pengguna ponsel juga ada yang melaporkan telah mengalami kulit gatal-gatal, terbakar dan kejang-kejang.

· Racun Dari Tambalan Gigi

Riset pun menunjukkan bahwa radiasi ponsel dapat mengaktifkan mercuri dalam tambalan gigi sehingga menghasilkan sejenis gas beracun. Beberapa pakar percaya bahwa gas itu dapat menyerang otak dan system syaraf sehingga mengakibatkan kondisi seperti depresi, asthma, Alzheimer’s dan Multiple Sclerosis.

Swedia Riset yang disponsori industry ponsel terhadap 11.000 pengguna ponsel 4 – 5 kali sehari menghadapi risiko 3,6 x lebih besar terkena sakit kepala dari pada pengguna ponsel kurang dari dua kali sehari. Para pengguna juga menghadapi risiko 2,3 kali terkena pusing-pusing dan s,4 kali terkena kehilangan konsentrasi dibanding non-pengguna. Orang-orang muda menghadapi risiko lebih besar, mereka yang berusia dibawah 30 tahun menghadapi risiko 3 – 4 kali lebih besar dibandingkan pengguna yang lebih tua.

ok..kayaknya gag perlu panik dulu dan secepatnya membuang HP yang kamu punya (mending di kasih ke aku maksudnya, hehe... ), dari beberapa hasil riset diatas, ada yang hasil penelitian yang menunjukan hasil sebaliknya atau dalam tanda kutip berarti "tidak semua hasil riset di atas itu benar"


Penolakan atau kontra penggunaan ponsel dapat berbahaya:

· “Sejujurnya hingga sekarang belum ada bukti yang pasti,” kata Andrew Weil, MD, Direktur Program Pengobatan Integratif di College of Medicine, University of Arizona. Ponsel sering dianggap bisa menyebabkan tumor otak karena diyakini bisa mengantarkan gelombang elektromagnetik.

· Di satu sisi, dua laporan terbaru mengajak kita untuk tidak terlalu khawatir. Setelah membandingkan kebiasaan menelepon dengan ponsel lebih dari 300 pasien kanker otak dengan orang-orang yang sehat, para peneliti Jepang menyatakan tidak ada hubungan antara lamanya waktu bertelepon dengan kemungkinan mengidap kanker. Selain itu, sebuah studi selama enam tahun di Inggris seputar teknologi telekomunikasi bergerak dan kesehatan juga tidak menemukan hubungan antara penggunaan ponsel jangka pendek (kurang dari 10 tahun) dengan kanker otak.

· Berdasarkan penelitian terbaru di Denmark, pengguna HP tidak terbukti lebih rentan terkena kanker otak dibanding mereka yang bukan pengguna. Toh kecurigaan ini juga tidak dibarengi dengan kecenderungan meningkatnya populasi penderita kanker otak seiring dengan menjamurnya penggunaan ponsel akhir-akhir ini. Namun diakui bahwa jika dipakai terlalu lama, ponsel umumnya akan menimbulkan efek panas. Ini disebabkan gelombang turun naik pada HP yang mengakibatkan kumpulan energi penyebab panas. Sama halnya bila kita menggosok-gosokkan tangan, maka kulit yang tergosok pasti akan terasa panas. Itulah sebabnya, jika terlalu lama menggunakan HP, telinga kita akan terasa panas. Bahkan ada yang mengalami bengkak di telinga akibat HP.

· Sigmar Gabriel, Perdana Menteri Lingkungan Jerman, mengungkapkan lebih dari 50 penelitian dalam DMF (German Mobile Telecommunications Research Programme), dari tahun 2002 hingga 2008, tidak menemukan bukti bahwa mobile phone dan menara transmisinya dapat menimbulkan resiko kesehatan dalam jarak radiasi elektromagnetik. Program penelitian yang menghabiskan biaya sekitar USD 26 juta, difokuskan pada fungsi mekanis dari gelombang electromagnetic frekuensi tinggi dalam handphone atau ponsel, yang dapat berakibat buruk pada manusia dan hewan, dan jumlah radiasi elektromagnetik yang dihasilkan. Beberapa penelitian menamakannya blood-brain barrier, sebuah filter yang dapat mencegah substansi tertentu yang berbahaya dalam darah dari neuron terdekat dalam otak. Dalam penelitian juga ditemukan sekitar 1,5% orang yang menamakan dirinya “electrosensitive” dan lalu mereka menyalahkan radiasi electromagnetic yang telah menyebabkan gangguan kesehatan. Para peneliti mengungkapkan bahwa mereka memang memiliki gangguan kesehatan seperti sakit kepala, dan susah tidur, yang dapat disebabkan oleh berbgai hal, namun sepertinya tidak ada hubungannya dengan radiasi elektromagnetik. Para peneliti juga menegaskan, tidak ada bukti bahwa electromagnetic dapat menyebabkan masalah kesehatan, yang dinamakan electrosensitve.

· Suatu penelitian menunjukkan bahwa kenaikan suhu kepala akibat penggunaan telepon bergerak ini sangat kecil. “Sedemikian kecilnya sehingga kepala anda tidak akan menjadi lebih panas dari terkena sengatan matahari.” Para peneliti mengatakan bahwa kepala para pengguna telepon genggam menjadi panas tidak lebih dari 0,15 derajat Celcius. Sementara itu, deketahui bahwa gelombang elektromagnetik yang sepadan dengan peningkatan 0,25 derajat  Celcius tidak mengganggu kesehatan. Sebagian besar gelombang elektromagnetik dari telepon genggam ini –serupa dengan gelombang dari oven micowave dengan kekuatan lebih rendah- hanya ditemukan di sekitar antena. Gelombang mikro ini memanaskan bagian kepala yang paling dekat dengan alat itu, namun kenaikan temperature segera dihilangkan oleh aliran darah normal yang menuju kepala

Riset selanjutnya


Penggunaan HP CDMA lebih rendah radiasinya dari GSM

CDMA (Code Division Multiple Access), menggunakan teknologi spread-spectrum untuk
mengedarkan sinyal informasi yang melalui bandwith yang lebar (1,25 MHz). Teknologi ini
asalnya dibuat untuk kepentingan militer, menggunakan kode digital yang unik, lebih baik daripada chanel atau frekuensi RF. Ponsel CDMA ada dua jenis tanpa kartu sehingga nomer panggilnya harus deprogram oleh petugas operator yang bersangkutan, dan satu lagi ponsel CDMA yang dilengkapi dengan RUIM (Removal User Identification Module) atau dalam istilah GSM dikenal dengan SIM Card. Ada sejumlah kelebihan yang ditawarkan CDMA. misalnya, komunikasi selular tidak lagi rawan
radiasi, tidak lagi seperti suara robot, tidak terputus-putus
Feature teknologi CDMA

Teknologi CDMA didesain tidak peka terhadap interferensi. Di samping itu, sejumlah pelanggan dalam satu sel dapat mengakses pita spektrum frekuensi secara bersamaan karena mempergunakan teknik pengkodean yang tidak bisa dilakukan pada teknologi GSM.
Kapasitas yang lebih tinggi untuk mengatasi lebih banyak panggilan yang simultan per channel dibanding sistem yang ada. Sistem CDMA menawarkan peningkatan kapasitas melebihi sistem AMPS analog sebaik teknologi selular digital lainnya. 

CDMA menghasilkan sebuah skema spread-spectrum yang secara acak menyediakan bandwith 1.250 KHz yang tersedia untuk masing masing pemanggil 9600 bps bit rate meningkatkan call security keamanan menjadi sifat dari pendekatan spread spectrum CDMA, dan kenyataannya teknologi ini pertama dibangun untuk menyediakan komunikasi aman bagi militer mereduksi derau dan interfensi lainnya CDMA menaikkan ratio signal to noise, karena lebarnya bandwith yang tersedia untuk pesan. 

Efisiensi daya dengan cara memperpanjang daya hidup baterai telepon salah satu karakteristik CDMA adalah kontrol power sebuah usaha untuk memperbesar kapasitas panggilan dengan mempertahankan kekonstanan level daya yang diterima dari pemanggil bergerak pada base station fasilitas koordinasi seluruh frekuensi melalui base station base station sistem CDMA menyediakan soft hand off dri satu base station ke lainnya sebagai sebuah roaming telepon bergerak dari sel ke sel, melakukan soft hand off mengingat semua sistim menggunaan frekuensi yang sama. Fungsi spread spectrum dan power control yang memperbesar kapasitas panggilan CDMA mengakibatkan bandwith yang cukup untuk bermacam macam layanan data multimedia , dan skema soft hand off menjamin tidak hilangnya data

• meningkatkan kualitas suara
• memberbaiki karakteristik cakupan yang dapat menurunkan jumlah sel
• meningkatkan privacy dan security
• menyederhanakan perencanaan sistim
• Memerlukan daya pancar yang lebih rendah, sehingga waktu bicara ponseldapat lebih lama
• Mengurangi interferensi pada sistim lain
• Lebih tahan terhadap multipath.
• Dapat dioperasikan bersamaan dengan teknologi lain (misal AMPS)

Walau belum ada bukti yang kuat bahwa ponsel menghasilkan tingkat radiasi yang cukup untuk menyebabkan efek buruk jangka panjang, tidak ada salahnya mengambil tindakan pencegahan sederhana untuk mengurangi tingkat radiasi dari HP kita


Cara untuk mengurangi / terhindar dari radiasi elektromagnetik

· Jangan memakai HP ketika hamil dan jangan ijinkan anak Anda memakainya.

· Batasi lama penggunaan HP Anda atau penggunaan telepon tanpa kabel lainnya.

· Gunakan headset dengan kabel untuk mengurangi efek radiasi HP karena menjauhkan HP dari kepala Anda. Hindarilah penggunaan bluetooth.

· Kurangi diri Anda terkena paparan langsung dari area transmisi WiFi (Hotspot Area). Cari tahu dimana lokasi WiFi dan usahakan untuk menjauh darinya.

· Jika Anda memiliki telepon kabel, jangan memakai yang melebihi 900 MHz, karena telepon kabel Gigaherts akan terus menerus memancarkan gelombang radio tinggi 24/7.

· Gunakan speakerphone daripada langsung mendekatkan HP ke telinga Anda. Ini membantu untuk menjauhkan efek radiasi langsung antara otak dengan HP.

· Batasi penggunaan HP di dalam gedung karena HP akan memancarkan lebih banyak gelombang di dalam gedung dibandingkan di luar.

· Pakai HP pada saat bar transmisi atau penerimaan signal baik. Ketika transmisi jelek, HP Anda akan bekerja lebih keras untuk menangkap transmisi dengan jelas.

· Berhati-hatilah dalam meletakkan HP Anda, karena radiasi berefek didekat ia memancar.


Dibawah ini adalah beberapa contok efek radiasi cell phone terhadap benda2 di sekitar kita.


Cell phone VS Alumunium foil + bensin


 Penggunaan Cell Phone di SPBU, 
kejadian di video ini terjadi di SPBU Shell ketika seorang petugas SPBU secara tidak sengaja mendapat panggilan telephone ketika sedang mengisi bensin pada kendaraan



Cell Phone , bisa mendidihkan air 


Untuk contoh lainnya, cell phone yang sedang aktif karena melakukan /menerima panggilan juga dapat mematangkan popcorn, dapat mengacaukan sinyal pada pesawat terbang / bahkan meledakan seluruh badan pesawat, dan jauhkan ponsel anda dari alat2 elektronik lainnya. 


di ambil dari berbagai sumber.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...